Buah Kapul yang Khasiatnya Setara Manggis

Buah ini namanya kapul, buah ini memiliki beberapa kesamaan dengan buah manggis, kecuali kulitnya. Kesamaannya, yaitu: daerah asal sama-sama berasal dari pulau kalimantan, memiliki khasiat buah yang sama persisnya, memiliki rasa buah yang sama enaknya.

Perbedaannya, ada pada kulitnya, jika buah manggis memiliki kulit buah yang berwarna merah atau kehitaman, maka buah kapul memiliki kulit buah seperti kulit buah sawo, namun lebih tebal, selain itu apabila buah manggis warna buahnya putih terang, maka buah kapul warna buahnya putih semu seperti buah lengkeng atau langsat, apabila buah manggis dapat diketahui jumlahnya dengan melihat tonjolan ujungnya, maka buah kapul tidak karena buah kapul tidak memiliki tonjolan di bawahnya.

Buah kapul sangat sedikit jumlahnya dipasaran, apalagi di luar kalimantan, hal ini karena pengembangan buah kapul hanya ada di pulau kalimantan sedangkan di luar pulau kalimantan pengembangannya belum dilakukan karena penelitian akan khasiat buah ini jarang dilakukan, maka tak heran buah kapul hanya dapat ditemukan di pasaran hanya pada saat musim panen, dan harganya pun relatif mahal.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Buah kapul memang sekarang jarang ditemukan karena nilai ekonomisnya yang rendah maka ga ada peminat untuk membudidayakannya. Ditempatku buah itu memang langka tapi harganya kalau pas panen murah banget ga kaya manggis. Rasanyanya juga beda, manggis manis, lembut dan berair kalau kapul ada agak asemnya, buahnya agak keras dan seperti berselaput.

Posting Komentar